Bisnis Offline Membutuhkan Bantuan Para Internet Marketer

bisnis lokal go online
Sudah terlambatkah bagi para pelaku bisnis online untuk mencoba peruntungan mereka dengan melakukan konsultasi pada bisnis offline? Memang sepertinya seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern ini, hampir semua bisnis lokal di sekitar kita telah memiliki website mereka sendiri. Contohnya saja ketika anda mencoba melakukan pencarian di internet untuk mendapatkan daftar bisnis lokal di sekitar anda, anda dapat melihat kebanyakan dari mereka telah memiliki website mereka sendiri. Namun itu bukan berarti mereka tidak membutuhkan anda, para internet marketer / para pelaku bisnis online.

Tanpa sepengetahuan anda, mereka yang menjalankan bisnis secara offline ternyata sangat membutuhkan bantuan anda. Selama ini mereka mungkin telah melakukan berbagai cara marketing secara offline, dan mereka berhasil. Namun bukan berarti mereka sudah puas dengan apa yang telah mereka capai. Ketika mereka ingin mengembangkan bisnis mereka secara online, di situlah anda akan sangat dibutuhkan.

Ada beberapa jasa yang mungkin bisa anda tawarkan kepada mereka para pemilik bisnis offline, walaupun mungkin mereka sudah memiliki website mereka sendiri.

Mendesain ulang website

Beberapa dari mereka para pemilik bisnis offline mungkin telah membuat website mereka sendiri, atau mungkin meminta teman mereka untuk membuatkannya, namun dengan hasil yang mungkin jauh dari kata profesional.

Maka yang bisa anda lakukan sebagai seorang online marketer /  website developer mungkin, adalah melakukan review terhadap website mereka, dan mencari tahu dimana anda bisa melakukan perbaikan. Bisa dengan memberikan tampilan website yang lebih cantik / eyecatching, navigasi yang lebih baik, atau apapun yang anda rasa bisa membuat website tersebut lebih berkesan bagi para pelanggan.

On-page SEO dan Traffic

Karena mereka para pemilik bisnis offline tidak menggunakan jasa profesional untuk membangun website mereka, maka kemungkinan yang ada adalah website mereka tidak terlalu mempedulikan mengenai SEO. Bahkan mungkin mereka tidak pernah mengecek traffic dan ranking website mereka sama sekali.

Nah di sinilah kesempatan bagi anda yang memiliki kemampuan di bidang SEO, untuk menawarkan jasa anda kepada mereka. Anda bisa mengajarkan pada mereka bagaimana cara untuk mengoptimalkan website yang mereka miliki, atau anda bisa menawarkan jasa anda untuk melakukan riset keyword dan mengoptimalkan website mereka dengan hasil riset anda tersebut.

Manajemen Media Sosial

Membantu sebuah bisnis offline untuk mendapatkan reputasi baik dan dapat dikenal oleh banyak orang melalui media sosial adalah satu keahlian tersendiri. Seperti yang kita ketahui bersama, perkembangan media sosial yang sangat cepat telah menjadi sesuatu yang sangat besar dan berpotensi dalam hal pemasaran. Dan itu semua hanyalah dari sudut pandang seorang internet marketer.

Kini bayangkan apa yang dirasakan oleh para pemilik bisnis offline, yang ingin mencoba mengambil keuntungan dari itu semua. Mereka ingin sekali memanfaatkan media sosial tersebut untuk mengenalkan bisnis mereka pada semua. Maka ketahuilah bahwa mereka membutuhkan seseorang untuk membantu mereka, mengarahkan mereka di mana mereka harus aktif, dan mengelola semuanya agar dapat memberikan keuntungan bagi bisnis mereka.

Konten Website Yang Selalu Update

Sebuah bisnis offline perlu memfokuskan waktu dan pikiran mereka untuk mengelola dan memasarkan bisnis mereka. Yang mereka pikirkan adalah bagaimana mereka bisa terus mengembangkan bisnis mereka dan mendapatkan pelanggan yang sebanyak - banyaknya. Maka mengelola konten / isi dari website atau blog mereka adalah merupakan suatu kegiatan ekstra yang mungkin mereka tidak memiliki waktu untuk melakukannya.

Dan di sinilah anda bisa menawarkan jasa anda, anda bisa mengurangi beban kerja mereka dan membantu mereka untuk lebih dikenal secara online dengan menawarkan jasa penulisan dan penerbitan konten / isi website ataupun blog mereka. Anda bahkan bisa mengenalkan diri anda pada banyak orang dengan tulisan anda, dan pada saat bersamaan anda tetap bisa membantu pemilik bisnis lokal tersebut untuk mengembangkan bisnis mereka.

Ada kalanya mungkin semua bisnis lokal telah mengembangkan website yang mereka miliki hingga semaksimal mungkin hingga mereka tidak lagi memerlukan bantuan tenaga profesional untuk mengembangkan website mereka. Maka anda bisa memanfaatkan momen itu untuk mencari kekuatan anda sendiri, kelebihan apa yang bisa anda kerjakan dan mengembangkannya. Dan kemudian kembali mencari siapa yang mungkin membutuhkan bantuan anda.

0 komentar:

Posting Komentar