Membangun List Building

APA ITU LIST BUILDING ?

List building adalah satu teknik dimana kita mengumpulkan data pelanggan yang berkunjung ke blog kita, semakin banyak data pelanggan yang kita miliki akan semakin baik untuk perkembangan bisnis online kita. Karena saat seseorang memulai bisnis online atau sering juga orang menyebutnya internet marketing, maka sama halnya dengan bisnis nyata, mereka perlu banyak melakukan yang namanya promosi. Dan dengan adanya data pelanggan tersebut, seorang penjual / mereka yang berperan sebagai pelaku bisnis online dapat dengan leluasa mempromosikan produk mereka.

MENGAPA HARUS DENGAN LIST BUILDING ?

Kebanyakan orang yang berkunjung di suatu situs bisnis online, tidak langsung membeli produk yang ditawarkan saat itu juga. Banyak alasan yang mendasari hal tersebut, diantaranya mungkin belum adanya dana, ingin membandingkan dengan produk lain, dan masih banyak alasan lainnya. Oleh karena itu, sebagai seorang penjual, kita perlu mem follow up para calon pelanggan kita, dengan tujuan agar nantinya para calon pelanggan ini akan membeli produk yang kita tawarkan. Dan sebagai langkah awal adalah dengan membuat list / data pelanggan tersebut. Dengan adanya data pelanggan tersebut, kita bisa lebih memfokuskan promosi kita pada orang - orang yang tepat yang memang sedang membutuhkan produk yang kita tawarkan.

BAGAIMANA PROSES LIST BUILDING ?

Memang dalam melakukan teknik list building ini tidaklah mudah, diperlukan tools yang khusus, dan juga diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam prosesnya. Mungkin tidak sulit jika pelanggan yang harus kita berikan email follow up hanya satu atau dua orang, namun bayangkan jika jumlah mereka ada ratusan atau bahkan ribuan, maka diperlukan tool khusus yang kita kenal sebagai autoresponder. Yang mana autoresponder tersebut dapat membantu anda dengan mengirimkan email secara berkala kepada banyak orang secara bersamaan, dan semua itu dikerjakan secara otomatis. Bayangkan berapa banyak waktu dan tenaga yang dapat dihemat dengan bantuan autoresponder ini.

Selain itu ada beberapa tools lain yang juga bisa membantu anda dalam proses membangun list building, diantaranya adalah :
  • Autoresponder, merupakan sistem yang berjalan otomatis mendistribusikan email follow up anda kepada setiap pelanggan.
  • Email berkala, yang nantinya akan anda kirimkan kepada para pelanggan.
  • Halaman situs landing page, yang nantinya berisi form pendaftaran dimana pelanggan anda bisa mendaftarkan dirinya.
Ketiga tools di atas saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena ketiganya akan saling membantu kepada tools lainnya. Yang nantinya akan membantu kita dalam membangun list building yang kuat, dengan tujuan memajukan bisnis kita agar bisa berkembang menjadi semakin besar.

0 komentar:

Posting Komentar