5 Langkah Mudah Meningkatkan Traffic Blog Anda

langkah mudah meningkatkan traffic blog
Sudah sangat banyak orang yang meramaikan internet dengan berbagai macam blog buatan mereka. Ada diantara mereka yang hanya membuat blog karena mereka ingin menulis dan mengekspresikan ide - ide mereka secara online, namun banyak juga dari mereka yang ingin orang lain untuk membaca apa yang mereka tulis di blog mereka. Jika kita termasuk orang - orang yang ingin agar blog kita dibaca oleh orang lain, maka traffic lah yang kita butuhkan. Dan bukan hanya sekedar traffic yang kecil, namun kita ingin sebanyak mungkin orang membagi / share blog yang kita miliki. Adapun cara terbaik mendapatkan pembaca adalah melalui mesin pencarian, dan cara terbaik untuk muncul di hasil pencarian adalah dengan mengoptimalkan tiap artikel di blog kita dengan susunan kata kunci yang spesifik (spesific keyword phrase).

Namun sebelum saya lanjutkan, mungkin ada diantara para pembaca yang belum mengerti apa yang dimaksud dengan traffic? Traffic yang saya maksud di sini adalah lalu lintas pengunjung yang membuka blog anda, semakin ramai traffic / pengunjung blog maka akan semakin baik bagi kelangsungan blog anda.


Adapun beberapa langkah mudah yang ingin saya bahas untuk meningkatkan pengunjung blog anda diantaranya adalah sebagai berikut :

Langkah 1 : Menemukan sebuah susunan kata kunci (keyword phrase)

Jangan hanya duduk dan menulis setiap ide yang muncul di kepala anda. Jika anda benar - benar ingin menarik perhatian pengunjung untuk membaca artikel yang anda tulis, maka anda perlu menulis mengenai informasi apa yang mereka ingin dapatkan. Mulailah dengan menemukan kata kunci yang bagus untuk digunakan dalam artikel yang akan anda tulis. Ini berarti anda perlu menemukan kata kunci yang banyak dicari orang, namun memiliki sedikit pesaing dari website atau blog lain.

Langkah 2 : Membuat Garis Besar Artikel Yang Akan Anda Tulis

Setelah anda mengetahui apa yang ingin anda tulis, anda bisa mulai membuat garis besar dari artikel yang akan anda tulis. Pastikan judul dari artikel yang akan anda tulis mencantumkan kata kunci anda, dan artikel anda akan menjelaskan informasi dari judul artikel anda. Ada beberapa orang juga yang mencantumkan kata kunci mereka dalam salah satu sub judul artikelnya, namun anda perlu memastikan untuk tidak mencantumkan terlalu banyak kata kunci dalam artikel anda karena itu dapat menyebabkan Google artikel anda sebagai spam.

Langkah 3 : Tuliskan Artikel Yang Berkualitas

Dengan garis besar artikel yang bagus dan tertata rapi, anda dipastikan bisa duduk dan menuliskan artikel dengan cepat dan lancar. Di poin ini, anda tidak perlu terlalu memikirkan mengenai kata kunci anda, namun pastikan bahwa anda tetap menulis sesuai topik yang sudah anda tentukan di awal. Anda menuliskan artikel itu untuk penulis sebagai prioritas, dan mesin pencarian adalah hal kedua yang perlu anda pikirkan. Setelah anda selesai menulis, kembali periksa tulisan anda dan pastikan bahwa katak kunci yang anda pilih muncul 2 - 3 kali dalam artikel anda, tergantung seberapa panjang artikel yang anda tulis. Namun jika ternyata anda secara tidak sengaja mencantumkan terlalu banyak kalimat yang mengandung kata kunci anda, maka cobalah untuk mengubah kalimat - kalimat tersebut atau menggantinya dengan kata yang lain.

Langkah 4 : Cantumkan Gambar

Selalu cantumkan minimal satu buah gambar di dalam artikel blog anda. Usahakan gambar tersebut berhubungan dengan artikel yang anda tulis, dan anda juga bisa mencantumkan kata kunci anda dalam gambar sebagai alt image tag dan image description. Anda bisa menemukan menu tersebut ketika anda klik tombol edit gambar pada Wordpress atau ketika anda klik gambar anda dan klik properties pada Blogger. Alasan lain untuk mencamtumkan kata kunci anda dalam gambar adalah karena Google hanya bisa membaca teks, namun tidak bisa membaca gambar. Dengan mencantumkan kata kunci anda dalam gambar, anda telah memberikan Google sesuatu untuk dibaca.

Langkah 5 : Cantumkan Link

meningkatkan traffic blogDengan membuat link di dalam artikel anda yang menghubungkannya dengan artikel lain di dalam blog anda, anda dapat membantu pengunjung blog anda dengan mengarahkan mereka menuju artikel lain yang mungkin juga bermanfaat bagi mereka. Namun anda jangan membatasi link anda hanya di dalam blog anda sendiri saja, itu akan nampak mencurigakan bagi Google dan bahkan bisa menyebabkan blog anda jatuh / merosot dalam hasil pencarian Google. Berikanlah link menuju satu atau dua situs lain yang akan membantu para pengunjung dan pembaca blog anda, dan mereka mungkin juga akan memberikan link kembali ke blog anda, dan membawa lebih banyak traffic ke blog anda.

Jika anda benar - benar ingin banyak orang mencintai isi dari blog anda, maka anda harus selalu memulai dengan kata kunci yang dicari oleh para pembaca yang anda inginkan / anda targetkan. Kata kunci panjang / longtail keywords adalah pilihan terbaik dan akan membantu anda untuk lebih spesifik mengenai apa yang akan anda tulis. Sebagai kesimpulannya, dengan berhati - hati dan teliti dalam menggunakan kata kunci, maka anda akan bisa menempatkan situs / blog anda pada rating yang tinggi dalam mesin pencarian.

Dan itu adalah beberapa langkah mudah meningkatkan traffic blog anda, yaitu utamanya dengan menggunakan sebaik - baiknya kata kunci. Semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat bagi anda para pembaca.

0 komentar:

Posting Komentar