Mengenal Bisnis Online

Saat ini sangat banyak orang yang ingin memiliki penghasilan melalui bisnis online, berharap meraup pundi- pundi rupiah dengan berselancar di dunia maya. Namun ternyata tidak sedikit dari mereka yang sebenarnya belum mengetahui apa yang dimaksud bisnis online itu sendiri, maka dari itu marilah kita bahas sedikit mengenai apakah Bisnis Online itu?

APA SIH BISNIS ONLINE ITU ?

Bisnis Online pada dasarnya adalah segala kegiatan dan usaha yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan dari dunia maya / internet. Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan orang mengharapkan bisnis yang tanpa modal, tanpa harus banyak usaha, namun dapat memperoleh penghasilan yang sebanyak - banyaknya. Seperti itulah kiranya pandangan masyarakat pada umumnya mengenai seperti apa bisnis online itu.

Namun perlu diketahui bahwa tidak ada bisnis yang seperti itu. Seperti halnya bisnis nyata, bisnis online pun memerlukan pembeli untuk kemudian dijadikan sebagai "ladang" uang bagi si pebisnis sendiri. Adapun dalam bisnis online, pembeli yang dimaksud adalah para pengguna internet yang mengunjungi "toko" kita (dalam hal ini kita menggunakan blog) sebagai seorang pelaku bisnis online, baik hanya sekedar berkunjung, atau memang mencari informasi atau dagangan yang kita jual melalui media internet, semakin banyak pengunjung maka semakin besar pula peluang kita mendapatkan penghasilan yang lebih banyak.

APA  YANG PERLU DIPERSIAPKAN

Selain menyiapkan komputer atau laptop dan koneksi internet sebagai media kita berselancar di dunia maya / internet, sebelum kita memulai bisnis online, ada beberapa hal yang hendaknya kita pahami terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar kita tidak kaget menjumpai berbagai hal saat menjalankan bisnis online kita nanti, baik berupa kemudahan, keuntungan, bahkan aral rintangan yang mungkin menggangu perjalanan kita. Adapun beberapa hal tersebut diantaranya seperti :
  • Mengatur Mindset Kita
Kebanyakan dari masyarakat memiliki mindset (pola pikir) bahwa bisnis online adalah salah satu jalan mudah dalam mendapatkan penghasilan besar tanpa harus mengeluarkan modal atau usaha yang terlalu besar. Nah mindset seperti itu perlu kita kesampingkan sejauh - jauhnya, seperti yang sudah saya sebutkan di atas, bisnis online bukanlah cara instan dapat uang, namun bisnis online tidak jauh beda dengan bisnis nyata, perlu waktu, perlu usaha dan perlu modal yang mungkin memang tidak sebesar modal bisnis nyata, namun tetap perlu ada modal, yaa minimal modal untuk bisa online di internet lah ... (^_^).
  • Fokus
Bayangkan saja seorang ibu - ibu yang sedang memasak namun sambil menonton sinetron di TV, apa kemungkinan yang bisa terjadi? Mungkin saja masakan jadi gosong, atau bisa saja si ibu tersebut melakukan sesuatau yang tidak seharusnya. Nah sama halnya dengan berbisnis online, seseorang harus fokus bila ingin bisnisnya ingin berjalan baik, berkembang dan menghasilkan. Bagaimana maksudnya fokus? Maksudnya adalah kita harus fokus pada apa yang sedang kita kerjakan, jangan terpengaruh dengan berbagai godaan iklan, dan semacamnya.
  • Konsisten 
Setelah kita fokus, kita mperlu juga konsisten dalam mengerjakan bisnis kita. Bisnis online bukan bukanlah cara instan, tidak sedikit orang gagal dalam hal ini, tidak sedikit juga orang yang sukses setelah jatuh bangun dalam menekuni bisnis online. Itulah konsistensi yang dimaksudkan, walau mungkin kita menjumpai ganjalan di tengan jalan, kita harus tetap konsisten mengerjakannya, jangan hanya semangat saat keliatan menghasilkan saja, tapi saat bertemu sedikit rintangan, malah langsung nyerah, itu jangan sampai terjadi.

Nah itu tadi adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mulai mengerjakan bisnis online, bulatkan tekat kita, pantang menyerah menghadapi segala rintangan, dan yakinlah bahwa usaha yang kita lakukan secara tuluis dan sungguh - sungguh akan membuahkan hasil sebagaimana kita mengharapkannya.

Bagaimana menurut pendapat anda? Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan berikan komentar anda, agar kita semua bisa sama - sama belajar. Terima Kasih

0 komentar:

Posting Komentar