Website Optimal Kunci Bisnis Online Maksimal

web design
Website adalah pusat kegiatan bisnis anda, yang mana merupakan virtualisasi dari usaha anda, baik bisnis anda itu berupa satu perusahaan nyata atau pun tidak (bisnis online misalnya). Ketika anda menjalankan sebuah bisnis online, orang - orang tidak akan bisa melihat anda secara langsung sebagaimana mereka melakukan transaksi dalam sebuah bisnis offline seperti toko. Karena itulah orang akan menilai anda dari penampilan anda, dan di sinilah peran penting design website yang bagus dan menarik.

Bayangkan jika menjalankan sebuah perusahaan, apakah anda mau seandainya sales perusahaan anda mengenakan pakaian yang seenaknya saat mereka menghadapi pelanggan? Tentu tidak bukan? Karena dengan membuat karyawan anda berpakaian secara profesional, sama halnya anda menyatakan pada pelanggan anda bahwa anda sangat mementingkan kualitas. Ini membuktikan betapa pentingnya kesan pertama yang anda berikan pada pelanggan.

Sama halnya dengan website anda. Jika anda mendesain website secara asal - asalan, maka sama halnya anda memberikan pernyataan pada pengunjung website anda bahwa anda bukanlah seorang yang profesional, dan bahwa anda bukanlah orang yang perduli akan kualitas.

Sebaliknya, jika anda memiliki sebuah website dengan tampilan yang terlihat profesional, anda telah memberikan persepsi kepada pengunjung website anda bahwa anda telah memperhatikan secara teliti tiap detail dan bahwa anda adalah orang yang sangat perduli akan kualitas dan profesionalitas. Anda begitu terorganisir, fokus dan anda sangat serius dalam menjalankan bisnis anda.

Oleh karena itu, jika suatu saat anda ingin membangun sebuah website sendiri untuk bisnis anda, maka penting kiranya bagi anda mengetahui prinsip desain website yang baik agar website yang anda bangun dapat menarik sebanyak mungkin pengunjung dan anda bisa menjalankan bisnis anda semaksimal mungkin.

Pertama - tama anda harus memiliki "petunjuk arah" yang jelas dalam website anda. Pastikan menu navigasi dalam website anda rapi dan ringkas, sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari dalam website anda tanpa kesulitan.

Kemudian kurangi jumlah gambar dalam website anda. Memang dengan adanya gambar mungkin anda merasa website anda jadi terlihat lebih menarik, namun gambar - gambar tersebut dapat memeperlambat kinerja website anda. Jika anda merasa perlu mencantumkan gambar dalam website anda, maka pastikan gambar - gambar tersebut memang berhubungan dengan apa yang ingin anda sampaikan dalam website, dan cobalah untuk melakukan sedikit editing pada gambar hingga memiliki ukuran file yang minimum.

Lalu jagalah agar paragraf teks anda tidak terlalu panjang, jika sebuah paragraf terlalu panjang maka hendaknya anda membaginya menjadi paragraf yang berbeda. Ini penting, karena paragraf yang terlalu panjang akan menyebabkan pengunjung anda malas untuk membaca.

Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa website yang anda buat kompatibel dengan berbagai browser. Jika website anda nampak bagus di Internet Explorer namun rusak ketika dibuka menggunakan Firefox atau Opera, maka anda akan kehilangan banyak calon pengunjung.

Dan terakhir hindari penggunaan bahasa script (PHP, ASP, ASP.net, dsb) dalam website anda kecuali jika itu memang dibutuhkan. Gunakan bahasa script untuk menangani pengolahan data, jangan gunakan bahasa script untuk membuat efek visual pada website anda. Bahasa script yang terlalu banyak akan melambatkan kinerja website anda dan bahkan mungkin crash / rusak pada beberapa browser. Karena script tidak selalu kompatibel / cocok dengan semua browser, jadi hal itu bisa menyebabkan beberapa pengunjung mungkin akan melewatkan informasi penting. Gunakanlah CSS untuk membuat tampilan cantik website anda, karena CSS mampu memudahkan pekerjaan anda dengan memperindah elemen website anda dalam sekali kerja.

Maka dengan mengetahui beberapa prinsip desain website yang baik seperti di atas, diharapkan website yang anda bangun dapat menarik sebanyak mungkin pengunjung dan dapat membantu bisnis anda agar lebih berkembang.

0 komentar:

Posting Komentar