Mengapa Bisnis Offline Membutuhkan Website ???

website untuk bisnis offline
Pernahkah anda mencari tahu mengenai bisnis - bisnis lokal tertentu secara online, walau mungkin hanya sekedar untuk mencari tahu daftar barang yang mereka jual melalui situs mereka? Mungkin memang sulit dipercaya, namun faktanya masih cukup banyak bisnis - bisnis lokal yang belum memiliki website mereka sendiri. Pada zaman modern seperti sekarang ini, tanpa adanya website maka suatu bisnis tidak akan nampak keberadaannya secara online. Ini bukan hanya mengenai bagaimana bisa bersaing dengan bisnis - bisnis lokal yang lain. Namun ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan, dan dengan memiliki website sendiri, para pemilik bisnis juga bisa menjalin hubungan dengan para pelanggan.

Akan Selalu Terlihat Oleh Pelanggan

Meskipun bisnis - bisnis lokal itu berjalan secara offline, namun para pelanggan mereka selalu online. Bila bisnis - bisnis ini hanya terlihat ketika para pelanggan menyusuri jalan, maka mereka tidak akan terlihat di waktu yang lain.

Namun demikian, saat ini kebanyakan orang menghabiskan begitu banyak waktu mereka dengan online, baik itu melalui komputer, smartphone, laptop ataupun laptop mereka. Mereka selalu mencari informasi secara online, tidak dengan menyusuri jalan seperti dulu. Maka dari itu, dengan memiliki website, sebuah bisnis akan lebih sering terlihat oleh pelanggan mereka yang selalu menghabiskan waktu dengan ber online ria.

Menjalin Komunikasi Dengan Pelanggan

Adanya sebuah website memberi pemiliknya satu tempat atau wadah untuk mengumpulkan banyak alamat email dari para pelanggannya (sebelumnya pernah saya bahas mengenai list building), yang mana dengan alamat email yang telah dikumpulkan ini pemilik bisnis dapat menggunakannya sebagai alat untuk komunikasi dengan pelanggannya. Karena kebanyakan orang saat ini masih memeriksa email mereka secara berkala.

selebaran iklan
Dibandingkan dengan menghabiskan uang untuk membuat poster atau selebaran iklan, yang mana belum tentu orang akan melihatnya juga, akan lebih murah jika anda mengirimkan penawaran - penawaran khusus dan diskon belanja kepada pelanggan anda melalui email, benar bukan? Dan pada waktu bersamaan, email - email tersebut dapat digunakan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan dengan menawarkan berbagai tips atau yang lainnya kepada pelanggan.

Sebagai Sarana Promosi Online

Website anda sepenuhnya ada di bawah kendali anda, jadi bisnis anda dapat memanfaatkannya untuk membuat dan mempromosikan gambaran mengenai barang dagangan anda. Semua mulai dari desain website itu sendiri, hingga isi dari website dan interaksi yang terjadi di dalamnya, semua akan memberikan gambaran mengenai produk anda yang ingin anda perlihatkan pada dunia.

Anda dapat menggunakan website tersebut sebagai papan iklan yang dinamis yang mana seluruh dunia dapat melihatnya dan dapat berinteraksi dengannya. Karena semakin banyak orang yang tertarik mengunjungi website anda, maka akan semakin banyak pula orang yang berpotensi menjadi pelanggan anda dan membeli produk yang anda tawarkan.

Memberikan Bukti Seacara Sosial

Faktor terbesar yang mendorong kebanyakan orang membuat keputusan untuk membeli adalah rekomendasi. Karena kebanyakan orang cenderung mau membeli suatu produk yang sudah pernah dibeli orang lain dan sudah terbukti kualitasnya. Dengan mencantumkan testimonial atau pendapat dari pelanggan, bisnis anda dapat menawarkan bukti yang diinginkan oleh para calon pembeli.

Go Global

Sebagai sebuah bisnis lokal, anda memiliki cakupan pembeli yang terbatas. Akan tetapi, setelah bisnis anda merambah dunia internet, potensi untuk terus meningkatkan penjualan hanya terbatas oleh bagaimana anda menangani pengiriman barangnya. Dengan memperluas jangkauan anda menggunakan website, anda juga dapat memperluas jangkauan penjualan anda, dan bukan tidak mungkin seluruh dunia dapat melihat dan membeli produk yang anda tawarkan.

Meskipun anda bisa saja tetap bertahan dengan menjalankan bisnis anda apa adanya, namun potensi dan kemungkinan untuk terus berkembang menjadi bisnis yang lebih besar akan sangat terbuka dengan anda memiliki website untuk bisnis anda. Semua itu hanya masalah bagaimana anda bisa terlihat oleh pelanggan anda, dan bagaimana anda bisa muncul di tempat - tempat dimana pelanggan anda banyak menghabiskan waktu mereka (yaitu secara online), dan anda akan dapat mengembangkan bisnis anda menuju pasar yang lebih luas, dan tentu anda bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar karenanya.

0 komentar:

Posting Komentar